Analisis Strategi Pemasaran Produk Ekawaktu di AJB Bumiputera 1912
DOI:
https://doi.org/10.55537/mumtaz.v4i1.1072Keywords:
Analisis SWOT, Matriks, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui tentang Analisis Strategi Pemasaran Produk Ekawaktu di AJB Bumiputera 1912 Medan. Penelitian ini memakai metode kualitatif. Teknik Analisa yang diterapkan merupakan analisis SWOT serta QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berada di kuadran I yang dimana jumlah nilai dari hasil nilai skor yang didapatkan sehingga kondisi perusahaan AJB Bumiputera 1912 Medan berada diposisi kuadran I, yang artinya perusahaan berada dalam kondisi yang menguntungkan karena mempunyai kekuatan serta peluang yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selanjutnya kendala yang dialami perusahaan kurangnya kesadaran pasar, keterbatasan saluran digital, keterbatasan pelatihan dan edukasi, serta kendala internal perusahaan. Kemudian strategi pemasaran yang tepat perlu dilakukan QSPM dan hasil dari tahap ini memiliki nilai skor TAS (skor daya tarik total) tertinggi dengan nilai 16,000 dan yang ada dipertengahan memiliki nilai 11, 423 dan yang paling rendah memiliki nilai TAS 8,267. Dengan hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan strategi yang tepat dan mendukung.