Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Pengajuan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Sukaramai
DOI:
https://doi.org/10.55537/mumtaz.v3i2.916Keywords:
KPR, Minat, Pendapatan, Pengetahuan Produk, ReligiusitasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, pendapatan, dan agama terhadap minat mengajukan KPR Syariah di BSI Kcp Medan Sukaramai. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah nasabah KPR Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Sukaramai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling Jenuh Sampling. Strategi pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji normalitas, tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari pedoman uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji parsial (t), variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat pemohon mengajukan KPR Syariah di BSI Kcp Medan Sukaramai. Di sisi lain, variabel pendapatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pemohon untuk mengajukan KPR Syariah di BSI Kcp Medan Sukaramai, sedangkan variabel pengetahuan produk memiliki pengaruh. Hasil uji simultan (f) menunjukkan bahwa minat mengajukan KPR Syariah di BSI Kcp Medan Sukaramai dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh faktor pendapatan, pengetahuan produk, dan agama secara bersama-sama.